Kamis, 12 April 2012

Alasan kenapa beralih ke "Aplikasi Berbasis Web" :D


Tak dapat dipungkiri lagi bahwa dalam jangka waktu yang relatif singkat, Internet dan World Wide Web (biasa disebut dengan Web) telah berkembang dengan sangat pesat sehingga dapat melampaui kecepatan perkembangan teknologi lainnya di dunia. Internet dan Web juga berkembang pesat dalam hal jangkauan dan luas bidang kegunaan yang secara nyata mempengaruhi beberapa aspek kehidupan. Industri yg memakai aplikasi tsb seperti Manufaktur, Biro perjalanan, Rumah sakit, Perbankan, Pendidikan dan Pemerintahan menggunakan Web untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka. Fenomena ini membuat trend rekayasa perangkat lunak beralih dari program aplikasi desktop menjadi program aplikasi under Web.

Aplikasi internet merupakan suatu jenis aplikasi yang menerapkan arsitektur sistem terdistribusi dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi antar komponennya

Karakteristik aplikasi berbasis Internet menggunakan protokol aplikasi yang sudah ada atau mendefinisikan protokol sendiri, Aplikasi di sisi server berkomunikasi langsung dengan client. Aplikasi di sisi client dapat berupa aplikasi yang berdiri sendiri atau ditempelkan dalam aplikasi lain. Aplikasi berbasis Web ini menggunakan protokol HTTP, Aplikasi di sisi server berkomunikasi dengan client melalui Web server. Aplikasi di sisi client umumnya berupa Web browser jadi, Aplikasi berbasis Web (client/server-side script) berjalan di atas Aplikasi berbasis Internet.


Walaupun rekayasa Web banyak mengadopsi prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak, rekayasa Web memiliki banyak pendekatan, metoda, alat bantu, teknik dan panduan yang memenuhi persyaratan pembuatan sistem berbasis Web.

Web engineering (rekayasa Web) adalah suatu proses yang digunakan untuk menciptakan suatu sistem aplikasi berbasis Web dengan menggunakan ilmu rekayasa, prinsip-prinsip manajemen dan pendekatan sistematis sehingga dapat diperoleh sistem dan aplikasi Web dengan kualitas tinggi. Tujuannya untuk mengendalikan pengembangan, minimalisasi resiko dan meningkatkan kualitas sistem berbasis Web.

Kelebihan menggunakan Aplikasi berbasis Web, sbb :

  1. Dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama ada internet
  2. Dapat diakses dengan menggunakan Web Browser (umumnya sudah tersedia di PC, PDA & Handphone terbaru) jadi tdk perlu mengistall aplikasi client khusus
  
Kekurangan menggunakan Aplikasi berbasis Web, sbb :

  1. Antarmuka yang dapat dibuat terbatas sesuai spesifikasi standar untuk membuat dokumen Web dan keterbatasan kemampuan Web browser untuk menampilkannya
  2. Terbatasnya kecepatan internet mungkin membuat respon aplikasi menjadi lambat.
  3. Tingkat keamanan yang lebih rentang untuk diakses oleh orang lain atau pihak yang tidak berhak.
Banyaknya referensi literatur  yang bersifat opensource dan kemudahan untuk memperoleh software pendukung untuk mengembangkan program aplikasi under Web (Apache, PHP, MySL) juga sangat berperan dalam perkembangan aplikasi berbasis Web ini.

4 komentar:

  1. Betul Betul . . .
    di tmpt Kerja Aq setiap Divisi pnya Aplikasi berbasis Web sendiri2, mempermudah kerja dan buat Laporan'a bsa d export k Excel aja :D

    tp sayang'a cmn bsa d akses d Kantor aja, hnya lan lokal :D d batasin....

    Nice buat Nda :-bd . . .

    BalasHapus
  2. wah..wah.., sip tuh.., tapi lebih sip lagi klo gak di batasin yaaa.., jadi dimana aja bisa di akses.. :D

    BalasHapus
  3. Iya sih... jd bsa Kerja d Rmh jg tnpa harus k Kantor :D
    ya mungkin untuk menjaga ke amanan sesuai Point 3 pada "Kekurangan menggunakan Aplikasi berbasis Web" . . .

    BalasHapus
  4. wuihhh makasih bu dosen info nya hehee..
    tapi dulu ada kantor lama, nah para Entry data butuh aplikasi cepat..jadi sehari gimana cara harus input 100 rb data...entry data nya ada 30 an orang..kira-kira dengan aplikasi web akan cepat ga ya? karena mereka bekerjanya berdasarkan berapa jumlah yang dientry..kalau lambat aplikasinya sudah tentu mereka mengeluh karena dianggap memangkas uang pendapatan mereka dari entry yang seharusnya bisa 1000 entri-an karena lambat jadi jauh berkurang..kira-kira gimana ya solusinya hehehe..

    BalasHapus