Kamis, 12 April 2012

Green Computing


Perkembangan tekhnologi, terutama tekhnologi informasi, dewasa ini sedemikian pesat. Tekhnologi dapat di ibaratkan bagaikan dua mata pedang, pada satu sisi, tekhnologi akan membantu manusia untuk mengefektifkan dan mengefisienkan proses kerjanya, namun pad sisi yang lain, justru tekhnologi bisa menjadi senjata ampuh untuk merusak.Semua itu tergantung dari bagaimana kita memanfaatkan tekhnologi dan bijak dalam menggunakan produk tekhnologi.

meskipun banyak sekali dampak maupun manfaat yang di hadirkan tekhnologi, terutama tekhnologi informasi (komputer), namun pada artikel kali ini, kita akan membahasnya dalam segi lingkungannya, karena hal ini yang nyata dan bisa kita rasakan dalam kehidupan. Mengapa lingkungan kita terganggu dengan ketidak efisienan user menggunakan komputer milik pribadinya, salah satu alasan logisnya adalah, user yang tidak memanfaatkan komputernya secara efisien, akan menyebabkan konsumsi daya (energi) yang di serap komputernya menjadi jauh lebih besar ketimbang user yang efisien menggunakan komputernya. Hal ini disebabkan energi listrik yang di konsumsi tiap komputer, terutama komputer di tanah air, adalah sebagian besar menggunakan bahan bakar fosil yang kita ketaui bersama, jika sebagian besar hasil dari bahan bakar fosil tsb akan berwujud polusi yang akan memperburuk lingkungan kita. 

Oleh karena itu tergapat solusi yang berupa Green computing, mengapa !! karena green computing merupakan prinsip yang termudah untuk kita lakukan dan kita tidak perlu menunggu orang lain untuk menjalankannya lebih dulu.


Apa sih itu green computing ??
Green Computing bisa kita jabarkan sebagai cara untuk mengefisienkan kerja dan proses dari komputer, terutama efisien dalam masalah penggunaan energi.Meskipun arti dan jangkauan green computing bisa lebih besar dan luas lagi, misalnya green computing untuk mengurangi deforestasi hutan, dengan cara mengganti produk cetak menjadi produk digital, misalnya mengganti buku cetak menjadi buku elektronik(ebook) dan/atau mengalihkan bank dengan sistem konvensional yang membutuhkan kertas2 menjadi internet banking, namun pada artikel ini kita hanya berpusat pada apa yang kita masing2 bisa lakukan untuk lingkungan kita
Bagaimana untuk melakukan green computing ??
  • Banyak caranya, dan pada artikel ini akan kita bagi menjadi 4 level, yaitu, low, medium, high, and extreem, dan masing2 level akan kita pisahkan menjadi 2 bagian yaitu untuk PC desktop dan satu lagi untuk laptop.

    Nah Mau tau lebih lanjut.., !! kik disini 
    "Cara Melakukan Green Komputing"

1 komentar:

  1. Waaah... mantep nie, nunggu kelanjutan'a lg untuk d simak :D comment'a ntar aja ;))

    BalasHapus